Author Contact Me Disclaimer

Welcome! Click the box above for more info. :) Enjoy your stay!

Follow Me!!


Memories



Newer Posts || Older Posts

Leave A Message?

Credits
A Round of Applause to the following
Designer: Cynna
Image: Cyworld KR
Host: Blogger
Scripts : Dynamic Drive
Modification: ariadneLacie
© 2013

Dan Hujan Pun Berhenti -- Book Review
Written @ 6:37 AM
"Begitulah, seseorang yang pernah pergi. Begitulah, ia kembali."
--- dari halaman 320 dan 321, buku 'dan hujan pun berhenti'.
.
.
Oh, hello. Kali ini saatnya mereview buku!

(oke, gue ga tau kenapa benda-benda semacam domo-kun, pensil, suling dan headset harus ada di foto itu, anyway..)
"dan hujan pun berhenti."
Oleh : Farida Susanty

Jumlah halaman : 322 halaman
Penerbit : PT Grasindo
Cetakan pertama : Maret 2007

Hmm, maybe I'll rate 4 star of 5 star.

Sinopsis (yang ada di bagian belakang buku)
Kamu mungkin tidak akan bisa mengerti  Leo yang tidak percaya pada siapa pun di dunia ini. Tapi mungkin Spiza, gadis yang mencoba bunuh diri di sekolahnya, bisa.
.
.
Sinopsis Lagi (versi gue, tapi agak ngaco sih.)

"kamu mau bunuh diri?"
"ya, asal tidak hujan..."
--- kata-kata ini ada di bagian depan buku, yang warnanya abu-abu itu loh.

Buku ini mengisahkan tentang kisah seorang Leostrada--Leo--yang menderita depresi berat karena kehilangan Iris, satu-satunya orang yang berhasil dekat dengannya.

Cerita dimulai dengan mengenalkan tokoh Leo, yang tinggal di apartemen karena ia kabur dari rumah. Orang tuanya sering menyiksanya dan juga adiknya, karena itulah Leo pergi. Selama kabur biaya hidupnya ditanggung kakaknya, Chasey. (Meskipun begitu, Chasey sengaja membiayainya dengan uang yang pas-pasan, karena itulah Leo bukan tipe konglomerat yang tukang hura-hura di cerita ini.)

Leo punya geng di sekolahnya, beranggotakan keempat orang teman dekatnya. Adi, Luhtfi, Kevin dan David. Mereka menamai geng mereka 'Bunch of Bastards'. Tetapi meskipun ia kelihatan senang-senang saja berada di sekitar mereka, tetapi sebenarnya Leo sama sekali tidak mempercayai mereka. Dia beranggapan bahwa semua orang di dunia ini munafik dan pengkhianat.

Sampai ia bertemu Spiza. Seorang cewek yang mencoba bunuh diri di kamar mandi sekolahnya, dan akhirnya gagal karena diselamatkan oleh Leo.

Dan, kisah hidup Leo yang rumit pun menjadi semakin rumit...
Akankah Leo percaya lagi pada orang-orang di sekitarnya? Akankah Leo berubah?

Sinopsis Selesai.
.
.
 Review :

Impresi pertama waktu baca paragraf pertama di bab pertama adalah, 'What? Jadi ini adalah tipe novel serius tapi pake bahasa yang agak komedi gitu? Dramatis abis.'
Beneran, beberapa paragraf pertamanya itu bahasanya agak mirip-mirip kayak novel bang Raditya Dika yang ngebuat ekspektasi kita turun terhadap novel ini. Tapi, tunggu setelah kau membuka halaman selanjutnya. Normal lagi, kok! Don't judge a book by it's first few chapters, or paragraph!

Jujur, buku ini gue tamatin dalam setengah hari... hmm, entahlah. Pokoknya sekitar setengah hari deh. Tipe buku yang membuat gue melupakan PR-PR dan tugas-tugas hanya demi membacanya. Kenapa? Karena rasanya buku ini bakal bikin penasaran terus. Dan selama baca buku ini kita pasti bakal ngira-ngira... 'aah, ini pasti bakalan gini. gini. gini.' Yah, meskipun akhirnya perkiraan kita benar---atau mungkin aja salah, tetapi ini bukan tipe novel-novel yang jalan ceritanya bener-bener ketebak banget kayak sinetron. Meskipun agak-agak drama, sih... tapi rasanya gue bisa ikut mengalir dalam cerita ini.

Dan bagi pembenci sad ending, novel ini happy ending kok!
.
.
Hal yang minus dalam buku ini,
1. Terlalu dibuat-buat. Meskipun keren, tapi gue ga terlalu suka sama tokoh-tokohnya yang rasanya bener-bener drama dan kelam banget. Jadi terasa dibuat-buat... Dan jujur, gue malah ga suka sama Iris. Cewek sok ceria yang innocent kayak gitu... entah kenapa terasa dibuat-buat juga.
Gue juga punya ekspektasi yang tinggi sama Spiza, padahal. Gue kira dia bakalan tenaaang banget dalam ngehadapin masalah karena percakapan aneh waktu ia dan Leo pertama ketemu. Taunya sama-sama drama!

2. Terlalu drama. (mungkin sama kayak nomor 1 ya?)

3. Terlalu banyak caps lock! Entah kenapa ngebacanya bikin gue merinding..
.
.
Hal yang gue sukai dalam buku ini~
1. Cover!! Waw, keren desain covernya~ teru-teru bozu! Bener-bener menarik perhatian banget...

2. Kertasnya yang warna kuning dan wangi, font-nya beda dari yang lain... (oke, ini ga nyambung.)

3. Sang penulis berhasil menuturkan ceritanya dengan bahasa yang tidak terlalu berat, tapi keren.

4. Buku yang memiliki nilai moral!! Nilai persahabatan, keluarga, kepercayaan... Udah jarang sekarang buku-buku ada nilai moral yang bener-bener bisa kita ambil... biasanya cinta melulu.

5. Banyak quote-quote dan kalimat-kalimat yang gue suka di buku ini~X)
 .
.
Beberapa quotes favorit gue di buku ini :

"Begitulah, seseorang yang pernah pergi. Begitulah, ia kembali."
--- dari halaman 320 dan 321.

"It's my last love. At any cost."
--- dari halaman 131. 

"Leo. Leo-ku yang baik."
--- dari halaman... entahlah. Spiza sering bilang ini, entah kenapa gue ngerasa ini manis banget. (ganti aja subjeknya :P)

"Tidak ada yang lebih menyakitkan dari menyadari bahwa hidup kita ini penuh ketiadaan, Leo."
--- dari halaman 247.

"Cuman pengkhianat yang ngejelek-jelekin temennya di belakang,"
--- dari halaman 225. 

Dan lain-lain. Dan lain-lain.
.
.
Curhatan soal buku ini.

Makasih buat yang ngasihin buku ini, dan bela-belain mampir ke sekolah cuma buat ngasiin! (dan akhirnya gue lagi pemantapan waktu itu juga.)

Buku ini gue dapet tanggal 20 Januari 2012, dan selesai tanggal 21 Januari 2012, sekitar pukul 05.30 PM. Buku ini sukses mengalihkan perhatian gue dari ngerjain tugas membandingkan novel angkatan 20-an dan 30-an. Untung hari Senin libur Imlek, hoho~
.
.
Semoga tertarik, dan selamat membaca!
---------------
sign,
ariadnelacie-2012

Labels: , ,

Click to Comments! (0) | back to top

------------------------------------------